Powered by Blogger.
RSS

Makanan Khas Imlek di Korea Selatan

Happy Lunar New Year!~
Orang Tionghoa pasti pada ngerayain Imlek nih wkwk
Tapi ga cuma orang Tionghoa doang lohh, orang Korea Selatan juga ngerayain. Kalau versi china mungkin Sincia (kalau ga salah), tapi di Korea disebut Seollal.

Nah, sekarang liat yuk makanan khas saat Seollal~

1. Tteok-guk (떡국)

Tteok-guk  atau Sup kue beras adalah makanan khas yang wajib ada saat Seollal. Sup ini terdiri dari Kue beras yang diiris tipis-tipis dan tambahan lainnya, seperti telur tipis yang diiris, rumput laut, daging dan lainnya. Kue beras yang berwarna putih ini dipercaya melambangkan kebersihan dan kesucian untuk memulai tahun yang baru


2. Japchae (잡채)
Mie yang digunakan dalam makanan ini adalah mie yang terbuat dari ubi biasa disebut Dangmyeon. Mie berwarna bening ini direbus dan dimasak bersama bahan-bahan lainnya seperti sayuran dan daging.

3. Pajeon (파전)


Pajeon atau pancake korea ini mirip dengan dadar jagung atau bakwan di Indonesia, yaitu makanan yang terbuat dari tepung, telur dan sayuran yang dicampur dan digoreng di panci. Bentuknya bermacam-macam! Namun biasanya pada Seollal, Pajeon atau pancake Korea ini berbentuk bulat menyerupai pizza dan banyak macamnya. Pajeon dimakan dengan dicelupkan ke saus kecap asin bertabur wijen atau sebagai makanan pendamping nasi.

4. Yakgwa
Yakgwa adalah kue tradisional Korea yang terbuat dari madu, minyak wijen dan tepung gandum. Rasanya manis sekali karena madu yang dimasukan biasanya cukup banyak. Di Korea madu dipercayain dapat menyembuhkan penyakit. Oleh karena itu, dengan memakan kue ini di hari Seollal mereka berharap agar sembuh atau dilindungi dari penyakit sepanjang tahun.

5. Sujeonggwa (수정과)

Ini adalah minuman tradisional korea, mereka pun menyebutkan kalau Sujeonggwa ini adalah fruit punch tradisional. Jus buah persimmon (kesemak) ini dibuat dari buah kesemak kering, jahe, kayu manis dan kacang pinus yang direbus jadi satu dan diambil sari buahnya. Ini adalah dessert tradisional yang digemari warga Korea.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment