Powered by Blogger.
RSS

Siap Buat Sekolah di Korea?

Oke, K-Popers khusunya para fangirl nih yaa biasanya pengen banget sekolah di Korea.
Nahh, kayaknya kalian mesti think twice buat sekolah di Korea.. wae?? ini diaaa:

Kalo di Indonesia pelajar menyelesaikan sekolah mereka pukul 13.30 WIB, kalau pelajar di Korea baru menyelesaikannya pukul 22.00 malam. Hampir 16 jam mereka menghabiskan waktu untuk belajar. Buat yang sering nonton serial  drama pasti tahu. Banyak adegan yang memperlihatkan siswa pulang ketika hari sudah gelap. Dan ini nyata! 

Bahkan sebagian besar siswa disana masih mengambil bimbingan belajar (Hagwon) seusai pulang sekolah. Nah, kalau pulangnya sudah larut malam kapan bimbelnya? Yup, bimbel dilakukan mulai pukul 22.00 – 00.20. Mengikuti Bimbel disana adalah wajib, bakal terlihat aneh kalau nggak mengikuti bimbingan belajar. Ini detail waktu masuk bimbelnya :
Image
Detail dari waktunya adalah :
·         Anak berumur 13 dan 14 tahun mulai kelas pada pukul 5:50, mengambil dua kelas 60 menit dan satu 70 menit dan pulang ke rumah jam 9:30. Sesampai di rumah, mereka masih harus mengerjakan PR dari sekolah dan dari bimbel.
·         Anak usia 15 tahun mulai pada pukul 7:06, mengambil satu kelas 60 menit dan dua 70 menit, selesai pada pukul 10:55 and getting a hell lot of homework to do.
·         16 year-olds, 17 year-olds, 18 year-olds, now at high school, start at 9:45pm, have two 70 minute classes and finish at 12:20am, then have even more homework to do.
·         Dan ada kelas Sabtu, dan ini dilakukan walaupun beberapa sekolah memberlakukan setengah hari masuk untuk siswa. So basically there’s no Saturday break. And for education hungry mothers, they will send them to Sunday school as well.

Kerja keras dan belajar mati-matian ini nggak lain adalah untuk lulus dan masuk ke perguruan tinggi terbaik, dan hal tersebut adalah impian bagi semua pelajar di Korea. Namun, sistem belajar yang kayak gini juga banyak memakan korban jiwa (?) karena banyak haksaeng (pelajar) yang depresi dan berakhir dengan bunuh diri. Dan angka bunuh diri meningkat drastis ketika akan tiba Ujian Nasional (Su-neung) karena menurut statistik, pelajar di Korea harus menghafal 60 hingga 100 halaman setiap kali tes untuk bisa mendapat nilai bagus. *omg-_- gue disuruh hafal 6 lembar aja udah mabok*

Ya gitulah singkat cerita~ ini bukan nakut-nakutin sih ya. 
Yang jelas kalau mau sekolah di Korea, kalian harus bener-bener siap mental, jiwa, dan raga (?). Dan yang paling penting, ga boleh males belajar kk~

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment